Pakaian Adat Lampung

Pakaian Adat Lampung Lengkap Beserta Aksesorisnya

Pakaian adat Lampung – Setiap daerah memiliki pakaian adat yang merupakan salah satu warisan budaya yang perlu dilestarikan. Seperti halnya pakaian adat Lampung yang dikenal dengan nama “Tulang Bawang”. Pakaian adat ini terbagi menjadi 2 yaitu pakaian adat Lampung pria dan pakaian adat Lampung wanita dengan aksesorisnya masing-masing.

Pakaian Adat Lampung Pria Beserta Aksesorisnya

Untuk pakaian adat lampung pria bisa dibilang sederhana, yakni baju dengan lengan panjang, celana hitam panjang, khikat akhir dan sarung tumpal. Sarung tumpal adalah kain sarung khas daerah Lampung yang ditenun dengan menggunakan benang emas.

Kemudian ada juga yang disebut khikat akhir atau selendang bentuk bujur sangkar yang digunakan melingkar pada pundak sebagai penutup bahu.

Walaupun terlihat sangat sederhana, namun pria yang mengenakan baju adat ini terkesan kharismatik. Sebagai pelengkap penampilan saat mengenakan pakaian adat ini ada juga aksesoris lainnya, yaitu:

1. Kalung buah jukum

Adalah aksesoris yang digunakan pada pakaian adat Lampung pria berupa kalung dengan gantung miniatur dari buah jukum. Aksesoris ini memiliki makna doa agar segera diberi keturunan.

2. Kalung papan jajar

Adalah aksesoris berupa kalung dengan gantungan 3 lempengan perahu yang ukurannya berbeda-beda. Aksesoris ini bermakna sebagai simbol kehidupan baru yang dijalani turun temurun.

3. Selempang pinang

Adalah aksesoris berupa kalung dan gantungan yang berbentuk bunga dan buah.

4. Ikat pinggang

Ikat pinggang atau bulu adalah aksesoris yang dilengkapi juga dengan keris tradisional Lampung.

5. Gelang burung

Yaitu aksesoris pakaian adat Lampung berupa gelang pipih yang dilengkapi hiasan dengan bentuk burung garuda terbang. Makna aksesoris ini adalah menunjukkan adanya kehidupan panjang dan kekerabatan yang terus terjaga setelah menikah.

6. Gelang kano

Yaitu gelang yang berbentuk seperti ban kendaraan yang dipakai di lengan kanan dan kiri di bawah gelang burung. Maknanya adalah membatasi hal-hal buruk yang terjadi setelah menikah.

7. Gelang bibit

Adalah aksesoris berupa gelang yang dipakai dibawah gelang kano. Aksesoris ini memiliki makna doa yang melambangkan do’a agar cepat dianugerahi keturunan.

Pakaian Adat Lampung Wanita Beserta Aksesorisnya

Pakaian adat Lampung wanita hampir sama seperti pakaian Agenbola588 yang dikenakan pria, bedanya hanya ada tambahan aksesoris yang mencolok. Antara lain terdapat selappai, baju tanpa lengan yang dihiasi rumbai ringgit pada bagian tepi bawahnya.

Selain selappai ada juga bebe yaitu sulaman dari benang satin berbentuk bunga teratai yang mengapung. Aksesoris lengkap yang dikenakan para wanita Lampung, yaitu:

1. Siger

Adalah aksesoris berupa mahkota emas yang memiliki 9 ruji. Aksesoris ini sebagai simbol keagungan dari adat istiadat Lampung.

2. Seraja bulan

Adalah aksesoris berupa mahkota kecil yang terdapat 3 uji berjumlah 5 buah yang memiliki makna untuk mengingatkan bahwa dulu terdapat 5 kerajaan yang berjaya di Lampung.

3. Subang

Yaitu aksesoris perhiasan yang dipakai pada ujung telinga, berbentuk buah kenari yang terbuat dari bahan emas.

4. Perhiasan leher dan dada

Aksesoris yang satu ini terdiri dari kalung ringgit, kalung buah jukum serta kalung papan jajar, sama seperti yang dikenakan oleh pria

5. Perhiasan pinggang dan lengan

Aksesoris ini berupa selempang pinang yang dikenakan melintang mulai dari bahu hingga pinggang. Selain itu ada ikat pinggang yang terbuat dari kain beludru warna merah dilengkapi hiasan kelopak bunga yang dibuat dari bahan kuningan.

Sedangkan hiasan yang dikenakan di lengan, terdiri dari aneka macam gelang sama yang dikenakan oleh pria.

Itulah informasi seputar pakaian adat Lampung. Menariknya pakaian adat yang unik ini serta memiliki makna sakral tersendiri di setiap aksesorisnya. Karena itu Anda juga harus dapat melestarikan budaya di daerah Anda.